Minggu, 28 Oktober 2012

Tips mudah Menulis Captcha

Tips Menulis Captcha, ya kali ini saya mau share hal sederhana, mengenai Captcha.apa itu Captcha? adalah kependekan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, yang intinya adalah untuk membedakan antara manusia dan komputer, supaya bisa menghindari bot alias robot.

Captra sebenarnya hal yang baik, karena dapat menghindari spamer dengan efektif, namun satu sisi pengunaan captra juga mengangu pengunjung blog yang ingin berkomentar seperti yang saya bahas dalam Menghargai Pengunjung Blog. Namun bagi sebagian bloger yang telah mengunakan, ya gunakan kalau mengaktifkan komentar Name/Url, soalnya spamer biasanya mengunakan isian tersebut. Tapi kalau sudah tidak mengaktifkan Name/Url namun masih mengunakan captcha! wah kayannya kebangetan dah, bikin susah, heheh.



Tapi saya akan memberikan sedikit tips bagi teman teman yang bekunjung ke blog orang yang mengunakan captra di dalamnya. Bagaimana tips menulis captcha di bloger, ayo simak ulasan dari Informasi Hlaap!!




1. Menulis Hanya Huruf Miring SajaCapra sekarang ini model baru, mengunakan huruf dan juga angka. Berbeda dengan sebelumnya yang hanya mengunakan huruf dan kadang dapet hurufnya panjang banget, sekarang lebih mudah. Cukup tulis hurufnya aja dan kita sudah bisa masuk.



Jadi dari gambar di atas (liat atas aja ya, gambar yang pertama, biar irit gambar supaya blognya ga berat) ada dua karakter, huruf dan angka, masukan huruf aja, jadi ana tulis 'mmostin' aja dan tekan publis. Jadi deh. Bagaimana ane bisa tau, soalnya dulu di kaskus juga begitu. Dan ternyata begitu ane coba coba, metode di kaskus bisa di terapkan untuk mengakali kode tersebut, dulu ane gunakan untuk 30 hari mengejar ISO.


2. Publish yang Tak Terlihat.Pernah dapet komentar blog yang ternyata si pemilik mengaktifkan captcha namun tidak memberikan scroll (atau ruang) sehingga tanda publishnya tidak terlihat? ehm, bikin pusing ya ga gan.



Namun seiring berjalan nya waktu, ternyata saya menemukan tekniknya. Yaitu dengan menekan TAB, tekan 'tab' berkali kali maka kotak akan bergeser ke bawah dan kita akan menemukan kata publish untuk mengkonfirmasi kotak komentar yang telah kita buat.

Yap, segitu dulu tips dari cerita anak kost seputar captcha di bloger, semoga dengan tau teknik ini bisa semakin cepat dan lancar berkomentar. Dan tentunya baca postingan dahulu supaya nyambung komentarnya ya, jangan asal berkomentar, heheh.

yah Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar