Rabu, 06 Februari 2013

Tips Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Lebih Awet


Tips Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Lebih Awet


Dari waktu ke waktu, sepatu kulit selalu mampu menempatkan diri sebagai sepatu ternama di dunia. Dengan tingkat keawetannya yang telah teruji, sepatu kulit selalu menjadi idaman setiap orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa memiliki sepatu kulit merupakan investasi yang berharga. Untuk itu, walau keawetannya tidak perlu diragukan lagi, sepatu kulit tetap membutuhkan perawatan. Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips merawat sepatu kulit, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Sepatu Kulit Selalu Dalam Keadaan Kering

Usahakan sepatu kulit selalu dalam keadaan kering. Hal ini sangat penting karena keadaan basah dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri penyebab bau tidak sedap dan juga dapat merusak sepatu kulit. Oleh karena itu, hindari penggunaan saat hujan. Selain itu, pastikan kaki selalu dalam keadaan bersih dan kering saat menggunakan sepatu kulit. Jika sepatu kulit Anda basah, maka segera keringkan sepatu dengan menggunakan kain halus kering kemudian angin-anginkan. Jangan keringkan sepatu kulit di bawah sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya karena dapat menimbulkan keretakan pada sepatu kulit kesayangan Anda.

2. Bersihkan Sepatu Kulit Dengan Menggunakan Kain Halus dan Sikat Berbulu Lembut

Jika Anda ingin membersihkan sepatu kulit dari kotoran yang menempel, usahakan untuk selalu menggunakan kain halus atau sikat berbulu lembut. Kain halus dapat Anda gunakan untuk membersihkan permukaan sepatu, sedangkan sikat berbulu lembut dapat Anda gunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di sela-sela jahitan sepatu Anda.

3. Jaga Sepatu Kulit Selalu Dalam Keadaan Kedap Air

Setelah sepatu bersih dan kering, jangan lupa untuk mengaplikasikan semir di seluruh permukaan sepatu. Hal ini sangat penting, karena semir mampu menjaga sepatu agar kedap air. Pastikan semir yang Anda gunakan senada dengan warna sepatu Anda. Khusus untuk sepatu kulit yang berwarna putih, Anda dapat menggunakan odol sebagai pelapis sepatu kulit Anda. Selain kedap air, semir dan juga odol dapat menjaga sepatu kulit agar tidak mudah mengalami keretakan dan senantiasa awet.

4. Hindari Tempat Lembab Sebagai Tempat Penyimpanan Sepatu Kulit

Tempat lembab merupakan tempat yang disukai oleh jamur perusak sepatu kulit. Untuk itu hindarilah tempat lembab sebagai tempat penyimpanan sepatu kulit.

5. Gunakan Pelembab dan Pewangi Khusus Sepatu Kulit Di Bagian Dalam Sepatu

Pelembab khusus sepatu kulit yang Anda aplikasikan di bagian dalam sepatu dapat menjaga kaki Anda tetap nyaman dan untuk perlindungan ganda menghindari bau tidak sedap dari dalam sepatu kulit Anda, maka Anda dapat mengandalkan pewangi khusus sepatu. Semprotkan pewangi tersebut lalu angin-anginkan hingga kering, maka sepatu kulit siap menemani perjalanan Anda.

Demikian tips merawat sepatu kulit. Dengan sepatu yang senantiasa terawat, Anda dapat tampil sempurna dengan penuh percaya diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar